Jumat, 15 Oktober 2010

Kunjungan Fieldday_parit batas_infield_T Timbun_Div 1







1. Parit Batas sudah dilaksanakan sejak bulan September 2010, dengan ukuran 3 m x 2.5 m dengan kedalaman 3 m. Maksud pembuatan parit Batas tersebut
a. Tata Batas kebun
b. Dengan adanya benteng tahanan, dimaksudkan agar air yang datang dari arah hutan di sebelah barat kebun tidak masuk ke areal tanaman.
c. Sebagai wadah penampung untuk cadangan air pada musim kemarau kelak

2. Parit Infiled sudah dilaksanakan sejak bulan April 2010, akan tetapi pada waktu itu, karena keterbatasan alat berat (Excavator), maka digunakan cara manual yaitu dengan tenaga manusia dan cangkul.
Karena hasil yang dicapai tidak memenuhi kondisi optimal yang diharapkan, karena daerah yang sudah dibuat parit infield manual, masih tergenang air.
Maka sejak bulan Juli 2010, karena sudah ada alat berat (excavator) yang bisa dipakai, sudah dimulai pekerjaan pembuatan Parit Infield secara mekanis.
Adapun hasil yang bisa dicapai Alat berat tersebut tergantung dari volume galian yang dibuat, seperti parit ukuran 2 m x 2 m x 2m, satu unit excavator hanya sanggup menggali sepanjang 400 meter.

Saat ini diusahakan di setiap Divisi mulai dari Divisi 1 sampai dengan Div 6 ada 1 unit excavator untuk pengalian parit infield ( Div 8 menyusul).

3. Tapak Timbun sudah dilaksanakan sejak bulan Juni 2010, dimana karena kriterianya belum optimal, maka pada bulan Juli 2010 dimensi untuk Pembuatan Tapak Timbun diubah menjadi :
    a. Diameter                  : 4 meter (jari-jari 2 meter)
    b. Tebal Tapak Timbun : 30 cm - 40 cm
    c. Setelah terbentuk piringannya, maka dilakukan pemadatan (digeblek) dengan memakai kayu, yang dimaksud agar tanah yang sudah terbentuk menjadi padat dan tidak mudah terkena erosi.
    d. Dilakukan peninjauan sebelum melakukan tapak timbun, karena pada area yang komposisi tanahnya berbeda, mungkin mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda (seperti antara tanah pasir dan tanah bergambut).
    e. Hasil setelah dilakukan tapak timbun :
                    - Daun tanaman mulai menjadi hijau
                    - Akar tanaman sudah mulai berkembang yang dapat dilihat di permukaan tapak timbun, bahwa akar tanaman kelapa sawit sudah ada setelah 1 bulan dlakukan penimbunan.
                    - diharapkan dengan pemberian pupuk yang tepat dosis, tepat sasaran, tepat cara dan tepat aplikasi, tanaman kelapa sawit menjadi segar dan tumbuh normal kembali.


Est. Dept